Pages

Saturday, January 5, 2019

Thailand Mulai Berbenah Setelah Badai Tropis Pabuk Selesai Mengamuk

Liputan6.com, Krabi - Warga di Thailand selatan mulai berbenah setelah sebagian rumah dan bangunan rusak akibat diterjang Badai Tropis Pabuk, yang melemah pada Sabtu 5 Januari 2019 malam, dan kini melaju menuju Laut Andaman.

Beberapa maskapai penerbangan kembali beroperasi dari dan menuju Thailand selatan, termasuk penyediaan jadwal ekstra untuk mengangkut para wisatawan yang terjebak badai.

Selain itu, sebagimana dikutip dari The Straits Times pada Minggu (6/1/2019), layanan penyeberangan feri juga ditingkatkan untuk mengangkut para pelancong yang terjebak di pulau-pulau resor, termasuk Koh Phi Phi.

Otoritas setempat melarang untuk sementara waktu penggunaan kapal-kapal kecil di tengah ancaman risiko pertemuan gelombang tinggi di Teluk Thailand dan Laut Andaman.

Sementara itu, tim penyelamat bekerja untuk membersihkan tiang-tiang listrik ambruk, pohon-pohon tumbang, dan puing-puing lainnya yang disebabkan oleh hantaman gelombang raksasa.

Adapun para pengungsi diizinkan menilik rumah mereka untuk mulai berbenah dan mengevakuasi barang-barang yang basah oleh banjir bandang.

Menurut Walikota Pak Phanang, Phicheat Klasukhon, pasokan listrik telah berhasil dipulihkan pada hari Sabtu, namun ketersediaan air bersih masih langka.

"Kami benar-benar membutuhkan pasokan air untuk membersihkan semua area yang terkena dampak badai, dan juga sekaligus menghindari risiko epidemi," kata Klasukhon.

Kota Pak Phanang, yang dikenal karena industri perikanan dan peternakan sarang burungnya, disebut merupakan area terdampak paling parah.

Adapun di kawasan wisata populer di Thailand selatan, seperti Krabi misalnya, kerusakan dilaporkan tidak begitu parah.

"Tapi karena berhari-hari hujan lebat, yang kami khawatirkan adalah tanah longsor," kata Gubernur provinsi Kitibodee Pravitra kepada surat kabar The Sunday Times.

Simak video pilihan berikut:

Seorang pawang ular memberikan ciuman kepad ular di Thailand. Aksi ini dipertunjukkan pada gelaran ‘Snake Show’ di Chiang Mai, Thailand.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3864125/thailand-mulai-berbenah-setelah-badai-tropis-pabuk-selesai-mengamuk

No comments:

Post a Comment